Thursday, July 26, 2012

LIMA ELEMEN DAN TUBUH MANUSIA




LIMA ELEMEN DAN TUBUH MANUSIA



Dalam pengobatan Tiongkok kuno, tubuh manusia dibagi menjadi lima sistem: kayu, api, tanah, logam, dan air.

Organ dan jaringan tubuh manusia sesuai dengan lima elemen. Kelima sistem tubuh tidak hanya mengatur diri secara otomatis sesuai dengan hukum Yin dan Yang, mereka juga berkoordinasi dengan lima elemen dari luar tubuh untuk mencapai kesehatan.

Di luar tubuh manusia, seseorang bereaksi terhadap beberapa hal, seperti iklim, warna, dan suara (yang kesemuanya bersesuaian dengan lima elemen). Iklim yang dikenal oleh negara-negara sub-tropis seperti musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Warna yang kita kenal seperti merah, kuning, putih, hitam, dan hijau. Nada yang kita kenali seperti do, re, mi, fa, sol, dan la. Bahkan unsur-unsur moral dan etika bersesuaian dengan lima elemen. Sebagai contoh, kebajikan dimasukkan dalam elemen kayu, kebenaran masuk dalam elemen logam; kesopanan masuk dalam elemen air; kebijaksanaan adalah api, dan kepercayaan adalah tanah.

Ada lima jendela yang menghubungkan dunia luar dengan sistem utama dalam tubuh. Pengobatan tradisional Tiongkok menyebutnya sebagai “lensa” atau “mulut”. Limpa, dianggap sebagai mulut. Paru-paru adalah hidung. Hati, dianggap sebagai mata. Jantung adalah lidah. Ginjal adalah telinga. Manusia mempelajari dunia luar melalui “lubang-lubang” ini. Hubungan antara lima sistem dan lima elemen adalah sebagai berikut:

Lima elemen:

Tanah, logam, kayu, api, dan air.

Lima lubang:

Mulut, hidung, mata, lidah, dan telinga.

Lima warna:

Kuning, putih, hijau, merah, dan hitam.

Lima nada:

Do, re, mi, sol, dan la.

Lima organ dalam:

Limpa, paru-paru, hati, jantung, dan ginjal.

Lima organ berongga:

Perut, usus besar, kandung empedu, usus kecil, dan kandung kemih.

Lima prinsip:

Kepercayaan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan, dan kebajikan.

Kelima warna, nada, dan prinsip menyampaikan hal yang sama, bahwa hanya saat pikiran berada dalam kondisi murni mereka dapat menghubungkan seseorang pada Tao dan membangkitkan kesadaran mereka.

Bagaimana kelima elemen tersebut dapat saling memengaruhi? Sebagai contoh, logam adalah putri tanah, yang berorangtuakan api. Rakyat tanah adalah air dan pejabatnya adalah kayu. Jika kelima elemen dilihat secara metaforis (majas yang mengungkapkan perbandingan analogis) dalam diri manusia, akan terlihat seperti: Seseorang yang penuh kasih dan baik kepada anak-anaknya, menghormati orang tuanya, peduli rakyatnya, dan seorang pejabat yang tulus dan berbudi.

Setiap elemen terkait erat dengan empat unsur lainnya. Misalnya, ketika telinga, lubang dari ginjal, mendengar musik yang indah, empat organ lainnya juga akan mendapat manfaat. Ketika mata melihat sesuatu yang elegan, empat organ lainnya akan berbagi keindahan.

Ketika makna yang hakiki dari nada dan warna disalurkan melalui organ dalam, mereka membangunkan unsur-unsur moral kita. Dengan kata lain, semua hal ini membantu seseorang untuk mengikuti prinsip-prinsip universal dan berperilaku seperti manusia yang sejati.

3 comments: